Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca

 

HUJAN RINGAN

Suhu 26-34°C

Kelembaban 61-94%

Kec.Angin 20 km/jam

Arah Angin Timur Laut

Data Bencana

Simulasi Penggunaan Peralatan SAR Pemukiman dan peralatan SAR Lainnya dalam Penanganan Korban Bencana

Kegiatan Simulasi Peralatan SAR Pemukiman dan peralatan SAR Lainnya merupakan salah satu agenda penting yang dicadangkan oleh BPBD Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2018. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Februari 2018 ini bertempat di kantor BPBD Provinsi Kalimantan Timur dan dihadiri sebanyak 25 peserta. Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Ir. Kresnayana, MT (Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik) yang didampingi H. Hariyadi Rahman, S.Sos  (Kepala Seksi Tanggap Darurat) dan Manatap Sibuea, SE (Kepala Seksi Logistik dan Peralatan). Dalam kata sambutannya beliau sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini  yang bertujuan meningkatkan keterampilan pegawai BPBD  Provinsi Kalimantan Timur dalam melakukan penanganan pertolongan pertama dan evakuasi kepada para korban bencana dengan cepat dan benar.


Dalam kegiatan ini sebagai Narasumber pertama  adalah Nurmala Mamnunia, S.Kep, M.Si (Han) yang menyampaikan materi tentang Cara merawat luka yang tepat dan benar dalam Penanggulangan Bencana dan pada sesi berikutnya materi disampaikan oleh Sunardi, S.KM, M.Si yang memperkenalkan peralatan SAR dan bagaimana cara penggunaannya. Pada sesi tanya - jawab para peserta sangat antusias  mengajukan sejumlah pertanyaan sehingga kegiatan berjalan dengan menarik.  Setelah itu acara dilanjutkan dengan melakukan praktek penggunaan peralatan SAR secara bersama-sama.


Pada hari kedua,  dilakukan mekanisme simulasi penanganan darurat terhadap korban bencana dengan menggunakan peralatan  SAR Pemukiman dan peralatan SAR lainnya yang melibatkan seluruh peserta kegiatan. Skenario yang dilakukan adalah warga melaporkan kejadian bencana yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya ke Pusdalops BPBD Provinsi Kalimantan Timur yang kemudian dilanjutkan dengan pelaporan ke Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Timur untuk segera mengambil keputusan dalam upaya penanganan. Selanjutnya Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Timur yang diperankan oleh Manatap Sibuea, SE mengintruksikan Tim Rescue untuk segera menyiapkan peralatan SAR yang dibutuhkan untuk penyelamatan korban dan segera kelokasi kejadian guna dilakukan penyelamatan terhadap korban.  


Adapun  Kegiatan – kegiatan yang dilakukan meliputi; melakukan simulasi penyelamatan terhadap korban patah tulang, cedera leher dan kepala yang tertimpa material bangunan reruntuhan pada saat terjadi bencana gedung runtuh dan penyelamatan korban tanah longsor diatas tebing yang curam sehingga sulit ditempuh dengan berjalan kaki dan mengharuskan proses penyelamatan dilakukan dengan cara Vertical Rescue atau Hight Angle Rescue menggunakan Teknik Lowering  memanjat menggunakan tali Climbing agar dapat segera dilakukan penanganan pertolongan pertama pada korban secara cepat sehingga korban dapat dievakuasi dengan selamat.


Selanjutnya setelah kegiatan selesai, acara ini pun ditutup dengan melakukan evaluasi bersama sehingga pada kesempatan berikutnya, kegiatan ini dapat berjalan lebih baik lagi. an  

Halaman Lainnya

×

Data Bencana

LAPORAN KEJADIAN BENCANA BULAN

                                   

No

Kabupaten/Kota

Jenis Bencana

Total

Kebakaran

Kebakaran Hutan dan Lahan

Tanah Longsor

Banjir

Puting Beliung

 

Konflik

Lain-lain

Gempa Bumi dan Tsunami

Kecelakaan Transportasi

Wabah Penyakit

Lantas

Udara

Laut

Sungai

DBD

Chikungunya

1

Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Balikpapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Kutai Kartanegara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Kutai Timur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Kutai Barat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
6 Bontang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Paser  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
8 Penajam Paser Utara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
9 Mahakam Ulu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Berau

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total

   

 

   

 

         

 

     
                                  

 

Data Sementara, per November 2015  (sambil menunggu data dari Kab/Kota)

                       
 

Taksiran Kerugian : Rp. ,-