Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca

 

HUJAN RINGAN

Suhu 26-34°C

Kelembaban 61-94%

Kec.Angin 20 km/jam

Arah Angin Timur Laut

Data Bencana

Si Jago Merah Kembali Mengamuk, 3 Rumah Ludes Terbakar di Merancang, Berau

Peristiwa kebakaran pemukiman kembali terjadi pada hari Senin, 21 Mei 2018. Kali ini terjadi di lingkungan RT 1 Kampung Merancang Ulu, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dipastikan kerugian yang ditimbulkan cukup besar.


kebakaran terjadi sekitar 19.30 Wita. Seorang warga setempat, Saddam, mengatakan, kebakaran tersebut menghanguskan tiga rumah yang berdekatan. “Mulai terjadinya sekitar waktu orang azan Isya," ujarnya saat dihubungi Berau Post tadi malam.


Terkait penyebabnya kebakaran, dirinya belum mengetahui pasti. Hanya saja dari kabar yang ia dengar, api bersumber dari salah satu dapur dinding kayu rumah warga yang terbakar. Dan saat api muncul, rumah tersebut dalam keadaan kosong.


"Kabarnya dari dapur itu. Mungkin pas ditinggal tarawih, apinya (di kompor) tidak mati total. Sehingga menyebabkan kebakaran. Begitu api jadi, langsung menyebar ke rumah tetangga lain, karena jaraknya sangat dekat. Baru tidak ada orang di rumah itu,” jelasnya.


Pemilik rumah ujar dia, memang kebetulan tengah bekerja. Sementara istri dan anak-anak pemilik rumah, pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah salat Isya dan Tarawih.


Karena rumah yang terbakar terbuat dari kayu, hanya sekitar satu jam, api sudah berhasil menghanguskan tiga rumah. Malah satu rumah lainnya juga nyaris jadi arang jika warga setempat tidak sigap melakukan penyiraman untuk menghalau api terus membesar.


Upaya pemadaman, lanjut dia, dilakukan warga menggunakan peralatan seadanya. Mobil pemadam milik perusahaan pertambangan yang membantu, datang setelah api sudah membara besar menghanguskan tiga rumah warga yang diketahui milik Tarjumlah, Mansur dan Yusran.


“Yang pertama terbakar rumah milik Tarjumlah, merembet ke rumah Mansur dan selanjutnya menghanguskan rumah Yusran,” ujarnya.


Terpisah, Kasi Tanggap Darurat BPBD Berau, Darno, menyebutkan pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran dari pos Gunung Tabur dan Tanjung Redeb.


"Infonya pas salat Isya tadi. Tim langsung ke lapangan setelah dapat info. Untuk penyebabnya, kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari tim, termasuk dari aparat kepolisian,” singkatnya.an

Halaman Lainnya

×

Data Bencana