Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca

 

HUJAN RINGAN

Suhu 26-34°C

Kelembaban 61-94%

Kec.Angin 20 km/jam

Arah Angin Timur Laut

Data Bencana

RAPAT KOORDINASI NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA TAHUN 2019

Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana pada Tahun 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 4 Februari 2019 di Jatim EXPO, Jl. Ahmad Yani No. 99, Margorejo, Wonocolo Kota Surabaya, Jawa Timur ini merupakan agenda penting yang  dilaksanakan BNPB Pusat .  Kegiatan yang bertemakan “Kita Jaga Alam Jaga Kita” ini akan dihadiri ± 3.500 peserta yang mencakup unsur dari BNPB, Unsur dari Kementerian/Lembaga Pemangku Kepentingan Penanggulangan Bencana, Unsur BPBD Provinsi & Kabupaten/Kota dan Unsur dari Bappeda Provinsi & Kabupaten/Kota  Se Indonesia dll dengan metode yang digunakan yaitu metode pertemuan, penyampaian materi oleh narasumber dan diskusi .


Mengacu pada Undang – undang Nomor 24 Tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana koordinasi penyelenggaraan penanggulangan bencana antara BNPB – BPBD, Kementerian/Lembaga terkait dan para pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana seluruh Indonesia.


Sedangkan tujuan yang akan dicapai melalui Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2019 ini sebagai berikut :



  1. Terwujudnya pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana antara pusat dan daerah sejalan dengan diterapkannya SPM

  2. Terwujudnya sinergitas penyelenggaraan penanggulangan bencana antara BNPB dengan BPBD, Kementerian/Lembaga terkait dan para pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana seluruh indonesia

  3. Terwujudnya peningkatan kapasitas penyelenggaraan penanggulangan bencana baik di pusat maupun daerah.


 


Dalam kegiatan tersebut juga ada arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengenai 6 Point penting yang perlu dibahas dan akan dilaksanakan sebagai berikut:



  1.   Pemda harus merencanakan tata ruang dengan memperhitungkan zona bencana, dan harus diimplementasikan dengan tertib dan tegas.

  2.   Pelibatan akademisi guna melihat lokasi yg rawan bencana melalui kajian dan analisis yang teliti, sehingga dapat diprediksi ancaman dan antisipasi dan pengurangan korban.

  3.   Jika terjadi bencana, maka Gubernur otomatis menjadi komandan satgas, jgn setiap masalaah bencanaa langsung dibawa ke tingkat pusat

  4.   Pembangunan EWS terpadu berbasis analisis pakar. Semua KL dikoordinasikan sehingga sistem peringatan dini terwujud.

  5.   Edukasi kebencanaan tahun 2019 hrs dimulai kpd masyarakat, sekolah, tokoh2 masyarakat, dll.

  6.   Simulasi latihan penanganan bencana dilakukan secara berkala, berkesinambungan sampai tingkat bawah.


Adapun yang akan menjadi Narasumber terdiri dari Unsur BNPB dan Kementerian dan Lembaga terkait sebagai berikut:



  1. Menteri Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat dengan topik “Penguatan Infrastruktur dalam mendukung Upaya Mitigasi Struktural Guna mengurangi Resiko Dampak Bencana.

  2. Menteri PPN/Bappenas dengan topik  tentang Perspektif RPJMN 2019 - 2024

  3. Menteri Dalam Negeri dengan topik “Ketangguhan Daerah Dalam Penanggulangan Bencana melalui implementasi SPM urusan Bencana dan penguatan Kelembagaan BPBD”

  4. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan topik “ Peningkatan Upaya Edukasi Masyarakat dalam Mitigasi dan Kesiapsiagaan menghadapi bencana

  5. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan topik “Peningkatan Upaya Mitigasi melalui Data Inteljen Berbasis penelitian dan pengembangan”.

  6. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan topik “ Meningkatkan Upaya Kesiapsiagaan Bencana melalui Pemberdayaan masyarakat hingga Tingkat RW”.

  7. Menteri Keuangan dengan topik “Pemanfaatan Dana Kontijensi untuk mendukung upaya Mitigasi Bencana”.

  8. Kementerian PAN-RB dengan topik meningkatkan kapasitas Aparatur Negara dan Lembaga Dalam mendukung Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana”. an


 


 

Halaman Lainnya

×

Data Bencana