Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca

 

HUJAN RINGAN

Suhu 26-34°C

Kelembaban 61-94%

Kec.Angin 20 km/jam

Arah Angin Timur Laut

Data Bencana

Pelatihan Radio Alat Komunikasi Penanggulangan Bencana EMMS Berbasis Multimedia menggunakan Teknology e-LTE

Pelatihan Radio Alat Komunikasi Penanggulangan Bencana dan Pengenalan Peralatan Emergency Management dan Monitoring System (EMMS) Berbasis Multimedia menggunakan Teknology e-LTE merupakan salah satu kegiatan penting yang diselenggarakan Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kaltim pada tahun 2018 guna membangun system infrastruktur utama untuk penunjang komunikasi mobile berbasis multimedia yang terintegrasi, menyediakan informasi bencana secara real time dan multimedia untuk membantu dalam pengambilan keputusan, Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Pemerintah daerah dan masyarakat di Pusat Komando Tanggap Darurat Bencana (Disaster Emergency Response Command) dan Menyiapkan system infrastruktur dan handset-handset komunikasi darurat berbasis multimedia untuk mengumpulkan informasi-informasi gejala dan kejadian bencana. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2018 ini bertempat di kantor BPBD Provinsi Kaltim dan dihadiri sebanyak 41 peserta yang terdiri dari personil BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur. Acara ini dibuka langsung oleh Bapak Ir. Kresnayana, MT (Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik) yang didampingi H. Hariyadi Rahman, S.Sos  (Kepala Seksi Tanggap Darurat) dan Manatap Sibuea, SE (Kepala Seksi Logistik dan Peralatan). Dalam kata sambutannya beliau sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini  yang bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman  personil BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam  berkomunikasi  dan mengetahui bagaimana cara penggunaan/pengoperasian perangkat radio EMMS  yang peruntukkanya guna meningkatkan dan memfasilitasi upaya upaya penanggulangan bencana alam di wilayah Kalimantan Timur yang akan/sedang/telah terjadi  seperti; mendapatkan informasi dan data  secara cepat dan akurat ketika akan/sedang/telah terjadi suatu bencana sehingga dapat segera dilakukan tindaklanjut penanganan dilapangan.


Dalam kegiatan ini sebagai Narasumber pertama  adalah Leonard, ST dari Bidang Informasi – Pusat Data Informasi dan Kehumasan BNPB. Beliau menjelaskan tentang  manfaat peralatan  Elte Rapid Deployment – Emergency Monitoring dan Managemen System Penanggulangan Bencana di BNPB – BPBD yaitu dapat memberikan Informasi cepat, tepat dan akurat, Ketersediaan akses data secara wirelessbroadband dan memiliki layanan lebih responsive, dapat menggunakan channels sharing sehingga diharapkan dapat mengetahui peringatan dini, meningkatkan kemampuan dan koordinasi antar team BPBD dan BNPB Pusat dalam Penanggulangan Bencana, Terselenggaranya kegiatan tanggap darurat saat terjadi bencana secara cepat dan tepat dan meningkatkan kemampuan membuat laporan bencana bagi BNPB dan BPBD.


Pada sesi berikutnya Pihak penyedia peralatan (Vendor) Huawei (Muhammad Toha dan Rinto) yang ditugaskan oleh BNPB menjelaskan mengenai pengenalan peralatan  radio EMMS, cara perakitan/pemasangan perangkat dibantu juga dengan menggunakan media demo movie sehingga diharapkan para peserta dapat dengan mudah memahami penjelasan tersebut. Setelah itu  dilakukan praktek bersama cara penggunaan perangkat radio Emergency Management dan Monitoring System (EMMS) dan pemasangan antenna lapangan. Selanjutnya acara kegiatan ditutup dengan diskusi Tanya – jawab dan Photo bersama. an

Halaman Lainnya

×

Data Bencana

LAPORAN KEJADIAN BENCANA BULAN

                                   

No

Kabupaten/Kota

Jenis Bencana

Total

Kebakaran

Kebakaran Hutan dan Lahan

Tanah Longsor

Banjir

Puting Beliung

 

Konflik

Lain-lain

Gempa Bumi dan Tsunami

Kecelakaan Transportasi

Wabah Penyakit

Lantas

Udara

Laut

Sungai

DBD

Chikungunya

1

Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Balikpapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Kutai Kartanegara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Kutai Timur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Kutai Barat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
6 Bontang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Paser  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
8 Penajam Paser Utara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
9 Mahakam Ulu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Berau

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total

   

 

   

 

         

 

     
                                  

 

Data Sementara, per November 2015  (sambil menunggu data dari Kab/Kota)

                       
 

Taksiran Kerugian : Rp. ,-