Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca

 

HUJAN RINGAN

Suhu 26-34°C

Kelembaban 61-94%

Kec.Angin 20 km/jam

Arah Angin Timur Laut

Data Bencana

Bimtek Pengenalan Peralatan Kebencanaan Tingkat BPBD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kalimantan Timur

Kedeputian bidang logistik dan peralatan BNPB mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertemakan Pengenalan Peralatan Kebencanaan Tingkat BPBD Kab./Kota Se-Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Grand Victoria Samarinda pada hari Rabu s/d Jumat tanggal 11 - 13 April 2018. Rudi Phadmanto, Ak, Ck,  MBA (Deputi Bidang Logistik dan Peralatan) yang didampingi Rustian, S.Si Apt., M.Kes dan Drs. Elto, M.Si (Kepala Biro Kesejahteraan rakyat) membuka secara langsung acara yang dihadiri 33 peserta dari BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur tersebut. Beliau menekankan pentingnya penyiapan, pemeliharaan dan penyimpanan dan juga menghimbau antara lain; agar bantuan – bantuan dari BNPB dipelihara dengan baik dan membuatkan laporan tertulis secara berkala ke Kepala Pelaksana BPBD masing – masing terkait dengan kondisi peralatan terkini sehingga siap digunakan ketika ada kejadian bencana serta diharapkan juga nantinya ilmu yang didapatkan dalam Bimbingan Teknis ini, dapat dibagikan kepada rekan – rekan yang lain di BPBD Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur.


Narasumber pada acara ini antara lain; Nadhirah Seha Nur SP., M.Si dan Dra. Andi Eviana, M.Si yang menjelaskan materi mengenai pengenalan peralatan Kebencanaan dan bagaimana cara pemasangan, Perakitan, pengoperasiannya serta perawatannya yang kemudian pada hari kedua (12/04/2018) dilanjutkan dengan kegiatan praktek lapangan yang pelaksanaannya bertempat di Folder Air Hitam dan dipandu langsung oleh instruktur yang telah ditentukan oleh Panitia Pelaksana. Adapun peralatan - peralatan yang diperkenalkan dan dipraktekkan antara lain; Perahu Karet & Lipat, Water Treatment Portable (WTP), Mobil Dapur Lapangan dan Tenda Posko/Pengungsian & Keluarga, penggunaan Handy Talky (HT) dll. Dalam kegiatan praktek tersebut Panitia pelaksana juga memberikan rewards khusus kepada para peserta yang dinilai aktif dan kompak, baik dalam kelompok maupun secara individual yang diwujudkan dalam bentuk pemberian Piagam dan hadiah. Adapun yang menjadi objek penilaian yaitu; Cara Penyajian, Pengoperasian dan Penyimpanan Peralatan Kebencanaan.


Setelah itu pada hari ketiga, Acara dilanjutkan dengan Diskusi bersama mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, kemudian membahas kendala yang dihadapi BPBD Kabupaten/Kota dalam  memaksimalkan pengoperasian  peralatan kebencanaan yang sudah ada, memberikan usulan permintaan bantuan peralatan kebencanaan yang belum ada dll. Selanjutnya Acara ditutup oleh  Rudi Phadmanto, Ak, Ck, MBA (Deputi Bidang Logistik dan Peralatan) dan Ir. Zaina Yurda, MP (Sekretaris BPBD Provinsi Kaltim).an

Halaman Lainnya

×

Data Bencana

LAPORAN KEJADIAN BENCANA BULAN

                                   

No

Kabupaten/Kota

Jenis Bencana

Total

Kebakaran

Kebakaran Hutan dan Lahan

Tanah Longsor

Banjir

Puting Beliung

 

Konflik

Lain-lain

Gempa Bumi dan Tsunami

Kecelakaan Transportasi

Wabah Penyakit

Lantas

Udara

Laut

Sungai

DBD

Chikungunya

1

Samarinda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Balikpapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Kutai Kartanegara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Kutai Timur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Kutai Barat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
6 Bontang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Paser  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
8 Penajam Paser Utara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
9 Mahakam Ulu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

Berau

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total

   

 

   

 

         

 

     
                                  

 

Data Sementara, per November 2015  (sambil menunggu data dari Kab/Kota)

                       
 

Taksiran Kerugian : Rp. ,-