Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca

 

HUJAN RINGAN

Suhu 26-34°C

Kelembaban 61-94%

Kec.Angin 20 km/jam

Arah Angin Timur Laut

Data Bencana

Balada Para Penyelam Sampah

Kepedulian warga terhadap upaya melestarikan lingkungan hidup, bukan hanya ditunjukkan dengan menanam pohon atau mengumpulkan sampah dijalanan. Berbagai cara dilakukan orang untuk menunjukkan kepedulian mereka. Begitulah yang dilakukan sejumlah anak muda dari Gayo Diving Club (GDC). Mereka rela menyelam ke dasar Danau Laut Tawar Aceh Tengah untuk memungut sampah.


Benarkah dasar Danau Laut Tawar yang berair jernih itu menyimpan sampah? Minggu lalu, Muna Ardi bersama timnya telah membuktikan hal tersebut. Ternyata di dasar Danau Laut Tawar pada kedalaman 6 meter dipenuhi sampah plastik. Selain sampah plastik, ungkap Team Leader GDC itu, dasar danau kebanggaan rakyat Aceh Tengah itu juga menyimpan botol, kaleng minuman, dan sachet shampo.


 


Sampah paling berbahaya, tambah Muna Ardi, adalah net ghost atau jaring bekas yang ditinggalkan nelayan di dasar danau. Jaring bekas itu menjadi perangkap bagi populasi ikan yang hidup di dalam Danau Laut Tawar. Ironisnya, bukan hanya ikan besar yang terperangkap disana, bayi ikanpun harus meregang nyawa dalam gulungan net ghost. Disinyalir, salah satu penyebab turunnya populasi ikan di danau yang luasnya 5.472 hektar itu, antara lain karena terjebak dalam jaring tersebut.


 


Padahal, ikan merupakan sumber penghasilan utama warga yang bermukim disekitar danau berair jernih itu. Wajar jika para nelayan sering mengeluh terhadap makin sedikitnya jumlah tangkapan mereka. Populasi ikan yang turun drastis, terutama jenis ikan mas dan ikan depik. Disisi lain, upaya menabur ribuan benih ikan setiap tahun dilakukan oleh Pemda setempat.

Halaman Lainnya

×

Data Bencana